Jawa Timur Provinsi Pertama yang Luncurkan Program Digital Marketing Pariwisata

taman-chandra-wilwatikta-400x241SURABAYA, suaramerdeka.com – Jawa Timur menjadi provinsi pertama di Indonesia yang meluncurkan program Digital Marketing Pariwisata untuk mendukung meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

PT Mahoni Global resmi digandeng oleh Pemerintah Jawa Timur & PT Telkom untuk menggarap Website Pariwisata & Mobile Applications sebagai sarana resmi untuk promosi pariwisata jatim.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 9.5 juta orang.

Angka tersebut kelihatannya cukup besar, namun bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara-negara tetangga ternyata posisi Indonesia hanya menduduki ranking keempat di bawah Thailand, Malaysia dan Singapura.

“Ini kenyataan yang sangat memprihatinkan, karena Indonesia yang mempunyai ribuan daya tarik wisata ternyata kalah jauh bahkan bila dibandingkan dengan Singapura yang wilayahnya sangat kecil dan minim obyek wisata alamnya,” kata dia.

Menpar mengatakan bahwa pemakaian media digital sebagai sarana promosi adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia saat ini, karena dapat menjangkau seluruh dunia secara luas dan cepat, serta biaya promosi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara promosi secara konvensional.

Kampanye dan program serba digital tersebut akan menjadi andalan Kemenpar untuk menyiasati anggaran promosi pariwisata Indonesia yang masih sangat rendah. “Tidak ada cara lain selain digitalisasi dan membuat promosi secara online serta mengembangkan kerjasama dengan lebih banyak pihak,” ungkap Arief Yahya.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *